Pages - Menu

: Fungsi Pendidikan

 Fungsi pendidikan

Menurut Surat Hud; 61, Pendidikan mempunyai fungsi yaitu: Mewujudkan seorang hamba yang shaleh, Mewujudkan akan keesaan Tuhan, Mewujudkan manusia yang Ahli berdoa, dan mewujudkan akan luasnya ilmu tuhan. Dalam ayat ini, Allah telah memenuhi ha kita sebagai makhluk ciptaannya, sehingga kita harus menunaikan kewajiban kita sebagai makhluk ciptaannya
Sedangakan menurut QS. Ar-Rum ayat 9 pendidikan mempunyai fungsi mewujudkan kemakmuran.  Pendidikan juga mempunyai fungsi agar manusia akan selalu ingat akan adanya Allah dari segala kehidupan bukan mendustakan Rasul dan mendurhakai Allah.
Menurut QS. Al-Anfal; 60. Yang artinya: dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu mili dan dari pasukan berkuda yang dapat mengantarkan musuh Allah, musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya tetap Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan dijalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan). Pendidikan mempunyai fungsi menjadikan jasmani yang kuat, karena pendidikan  berfungsi sebagai media agar manusia mampu mempersiapkan segala sesuatu yang kelak akan mereka butuhkan.
Pendidikan juga mempunyai fungsi agar manusia mempunyai keterampilan, mengetahui betapa pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan mereka dan agar manusia mampu mengasah kekuatannya yang berupa akal sebagaimana yang disebutkan di QS. Ar-Rahman ayat 33.
Pendidikan mampu memunculkan kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki manusia serta menumbuhkan kedisiplinan yang tinggi dan mampu menghargai waktu sehingga manusia tidak merugi yang telah dijelaskan di QS An-Nisa ayat 33 dan Al-Ashri ayat 1-3.
Secara keseluruhan , fungsi yang ingin dicapai dalam pendidikan menurut Al-Qur’an ialah membina manusia guna mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan Khalifah dibumi.

No comments:

Post a Comment