Pages - Menu

Tafsir Tentang Pendidikan

Tafsir Tentang Pendidikan
 

Dalam surat al isra’ ini merupakan  salah  satu  hukum  kemasyarakatan  yang  ditetapkan  Al-Qur’an  dan berlaku bagi masyarakat apapun, serta dimana dan kapan pun, yakni apabila telah banyak  orang-orang  mutraf,  tanpa  ada  yang  meluruskan  kebejatan  mereka, sehingga kebejatan merajalela dalam suatu masyarakat, maka ajal masyarakat itu segera akan tiba.
Dalam surat Huud ayat 100-101 di atas Allah menceritakan tentang kisah-kisah umat terdahulu. Allah memperingatkan tentangpelajaran yang terdapat dalam kisah tersebut dengan Firman-Nya:
منهاقائموحثيد            
 “Di antara negeri-negeri itu ada yang kedapatan bekas-bekasnya, “ ada pula yang telah musnah.
Orang yang mendengar dan membaca kisah tersebut, akan lunak hati dan tunduk jiwanya. Keterkaitan surat Hud ayat 100-101 dengan lingkungan pendidikan adalah makna yang tersirat di dalamnya yaitu kisah tentang umat yang tidak beriman dan menyembah Tuhan selainAllah SWT. Mereka menuruti hawa nafsu dan tidak mau mengikuti nasehat dari utusan-utusan Allah yang telah dikirim kepada mereka. Mereka akhirnya binasa. Maka lingkungan yang berisi orang-orangyang tidak beriman, suka menuruti hawa nafsu, dan individualis adalah lingkungan pendidikan yang buruk karena tidak akan bisa menjamin keselamatan di dunia dan di akhirat bahkan hanya menimbulkan kerusakan dan kebinasaan.
Sedangkan dalam surat an-nisa ayat 75 mempunyai keterkaitan dengan lingkungan pendidikan bagi seseorang, diantaranya yakni pada lingkungan keluarga yang didalamnya meliputi saling membantu didalam kesusahan. Di lingkungan sekolah didalamnya meliputi menuntut ilmu. Sedangkan dilingkungan masyarakat didalamnya meliputi tolong menolong dalam kebaikan, memberi bantuan kepada sesama muslim yang mengalami musibah bencana alam, dan nasehat-menasehati dalam kesabaran dan kebaikan, serta meminta kepada Allah, bukan dari selain-Nya dalam segala bentuk apapun.

No comments:

Post a Comment