PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM I TENTANG MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )
PEMBAHASAN
A.
Latar Belakang Masalah
Semua
guru atau siswa pasti selalu mengharapkan agar setiap proses belajar mengajar
dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa
dapat memahami setiap materi yang diajarkan , siswapun mengharapkan agar guru
dapat menyampaikan atau menjelaskan pelajaran dengan baik, sehingga memperoleh
hasil belajar yang memuaskan. Akan tetapi harapan–harapan itu tidak selalu
dapat terwujud. Masih banyak siswa yang kurang memahami penjelasan guru. Ada
siswa yang nilainya selalu rendah, bahkan ada siswa yang tidak bisa mengerjakan
soal atau jika mengerjakan soalpun jawabannya asal–asalan. Semua itu
menunjukkan bahwa guru harus selalu mengadakan perbaikan secara terus menerus
dalam pembelajarannya, agar masalah–masalah kesulitan belajar siswa dapat
diatasi, sehingga hasil belajar siswa mencapai tujuan yang diharapkan.
Masalah
– masalah yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran tidak muncul begitu saja,
tetapi ada faktor–faktor penyebabnya. Apabila guru mampu mengidentifikasi
penyebab timbulnya masalah yang dialami oleh siswa , maka guru tersebut akan
dapat melakukan penanganan–penanganan yang tepat dalam memecahkan masalah
pembelajarannya. Contoh masalah yang sering muncul dalam pembelajaran
yaitu siswa kurang memahami penjelasan guru, siswa tidak mengerti kata,
kalimat, bentuk kalimat, yang diucapkan ataupun yang ditulis. Hal
Ini mungkin karena penjelasan guru tidak
disertai alat peraga atau alat peraga kurang atau bahkan
tidak sesuai.
Sejujurnya penggunaan alat peraga untuk pembelajaran IPA di SD jarang
bahkan hampir tidak pernah digunakan oleh guru-guru SD, padahal alat peraga itu
ada. Akhirnya alat peraga itu hanya jadi pajangan kantor atau tersimpan
rapi di lemari. Alat peraga IPA tidak perlu mahal, kita bisa menemukannya di
sekitar kita seperti kebun sekolah, sawah, sungai, dan semua yang kita lihat di
alam raya ini. Oleh karena itu tugas PTK yang kami laksanakan ini mencoba
mengambil tema “ Penggunaan Alat Peraga Alamiah Untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa Terhadap Materi Bagian–Bagian Tumbuhan dalam Pembelajaran IPA
di SD Karangasem I.” Tentu saja alat peraga yang baik harus ditunjang oleh
metode yang sesuai dengan materi pelajaran.
No comments:
Post a Comment