Pages - Menu

Makalah Kwu

MAKALAH KWU
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
            Pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi saat ini yang mengharuskan masyarakat dituntut untuk berpenghasilan sendiri,
apalagi bagi mahasiswa yang baru memasuki gerbang pendidikan yang harus fokus dalam pendidikan tetapi dalam hal itu tidak akan mengahalangi dalam suatu proses usaha yang akan dijalani bagi seorang mahsiswa yang mempunyai keinginan dalam berbisnis, mengembangkan jiwa kewirusahaan merupakan salah satu yang penting menjadi kesempatan kerja, pendapat dan kesejahteraan bagi setiap orang atau individu.  Dulu .pola pembelajaran kewirusahaan tidak secara formal dilembagakan. Bekal motivasi dan sikap mental kewirusahaaan terbangun secara ilmiah lahir dari keterbatasan survival disertai keteladanan kerja keras dari dosen atau model atu contoh .mahasiswa menjadi terlatih melihat sisi positif suatu sumber daya dan transformasikan menjadi manfaat yang nyata.
1.2 Tujuan Pendirian
            Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas akhir semester mata kuliah kewirausahaan guna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang distribusi sekaligus pemasaran

BAB II
ANALISIS PRODUK
            Distribusi produk MATSUQI LED lamp ini merupakan salah satu usaha yang mudah untuk dikembangkan karena dasar produk ini selalu dibutuhkan masyarakat dan sesuai dengan perkembangan zaman yang dituntut semua serba instan. Alasan kami memilih distribusi produk lampu ini adalah seperti yang telah kami jelaskan diatas. Produk ini bukan yang pertama ada namun kami kembangan di tempat lingkungan kami. Usaha ini tidak membuat rumit kelompok hanya untuk memproduksi. Kami lebih memilih distribusi produk karena menurut kami model usaha yang seperti ini lebih efisien. Modal yang digunakan juga tidak terlalu besar dan pas dikantong mahasiswa.
            MATSUQI LED lamp rechargeable emergency lamp merupakan suatu suatu produk elektronik yang kegunaannya sebagai lampu penerang yang dapat digunakan pada lampu mati dan dapat dicas ulang sampai 200 kali.
2.1 Rencana Jangka Pendek
         a.          Produk MATSUQI LED lamp ini akan lebih dikenal oleh masyarakat luas
        b.          Pada event event besar akan kami gunakan untuk pemasarn produk ini
         c.          Mempromosikan produk ini dengan memyebarkan brosur kepada masyarakat
        d.          Adanay bonus dengan pembelian minimum 3 produk
2. 2  Rencana Jangka Panjang
       a.            Untuk pembelian Rp. 2.500.000 free delivery order
      b.            Pemasaran dilakukan secara online
       c.            Free member card untuk pembelian diatas Rp. 750.000




BAB III
GAMBARAN PRODUK
3.1 Gambaran Produk

Nama Produk: Matsugi Rechangeable LED lamp
3.2 Keunikan Produk:
            Produk yang kami tawarkan adalah produk elektonik yang dapat di isi ulang dan sangat hemat energy yang mampu digunakan saat lampu tidak menyala, lampu ini mempunyai desain yang cukup futuristic dan mempunyai kesan mewah karena berbeda dengan produk sejenis yang mempunyai desain rumit dan tidak  praktis.
3.3 Keunggulan Produk
       a.            Mempunyai baterai cas ulang kapasitas besar lead-acid 4V 1800mAh
      b.            Menggunakan baterai awet, dapat dicas ulang sampai 200 kali
       c.            Dilengkapi 28 SMD LED cahaya putih yang tahan lama, sangat terang dan tahan lama
      d.            Dilengkapi 4 SMD LED cahaya kuning(lampu tidur) dioperasikan dengan remote control
       e.            Fitur menyala otomatis(Auto On)
3.4 Kelemahan Produk
       a.            Jika terkena mata secara langsung dapat merusak mata.
      b.            Cukup rumit karena harus mengganti lampu inti diatas
       c.            Tidak bleh terkena embun atau air hujan


BAB IV
PEMASARAN
4.1 Target
       a.            Visi
            Visi mengenalkan produk elektronik yang berupa lampu hemat energi kepada masyarakat dalam versi yang baru dan mnjadikan alternatif bagi masyarakat jika keadaan lampu disekitar rumah mati.
      b.            Misi
            Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi-misi yang harus dilaksanakan yaitu:
1.      Memperkenalkan produk Matsugi LED lamp kepada masyarakat yang berbentuk produk elektronik kepada konsumen dengan mempromosikan keunggulan produk dan membrikan jaminan kwalitas produk tersebut.
2.      memprioritaskan jaminan kwalitas kepada konsumen.
3.      Melakukan analisis dengan menentukan sasaran pemasaran produk Matsugi LED lamp.
4.      Memperluas pemasaran produk Matsugi LED lamp.
4.2 Sasaran
1.      Semua kalangan
2.      Semua umur kecuali anak-anak
4.3 Cara Pemasaran
            Usaha ini masih terbilang baru karena baru kami yang coba untuk  mengembangkan  produk ini di daerah tempat tinggal kami, dan produk ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Produk ini juga mempunyai ketahanan kualitas  yang baik dan tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Produk yang kami jual ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain kualitasnya yang baik penjual juga menaruh alamat dan nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan produk kami bisa langsung menghubungi. Kami juga memberikan bonus jika pembelian diatas Rp 2.500.000,00.
            Untuk memudahkan pemesanan produk ini kami juga melayani jasa online dengan cara mencantumkan nama lengkap, alamat rumah sesuai KTP dan bukti transaksi dari bank, maka kami pun siap untuk mengantar/mengirim ke alamat tujuan.
            Adapun cara pemasarannya, yaitu:
1.      Di pasarkan secara langsung dari rumah ke rumah
2.      Di pasarkan lewat event di lingkungan sekitar kami
3.      Di pasarkan secara online
4.      Menerima delevery order dengan minimum pembelian.
4.4 Kendala
1.      Telatnya pemesanan barang
2.      Pertumbuhan ekonomi tidak selalu stabil sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.
3.      Tempat penjualan yang belum jelas atau menetap
4.      Harga barang yang relative tinggi bagi kalangan menengah ke bawah, sehingga kita beralih dalam penggunaan metode penjualan.



BAB V
KEUANGAN
1.  Biaya Awal Bisnis
Modal Awal
No.
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan
Total Harga
1
Matsugi LED Lamp
180
Rp. 60.500,00
Rp. 10.890.000,00

Total kebutuhan biaya untuk pembelian perbulan

Rp. 10.890.000,00

Biaya transportasi

Rp. 150.000,00

Total modal awal yang dibutuhkan

Rp. 11.040.00,00


2. Proyeksi Rugi / Laba
Proyeksi rugi-laba dalam satu kali produksi usaha

PENDAPAPENDAPATAN
TOTAL
1
Total Penjualan
Rp. 16.200.000,00

Total Pendapatan
Rp. 16.200.000,00
Biaya Distribusi
TOTAL
1
Biaya Variabel (variable cost)
Rp.10.890.000,00

Biaya Tetap (Fixed Cost)
Rp. 10.000,00

Biaya Transportasi
Rp. 150.000,00


Total Biaya Tetap
Rp. 160.000,00

Total Biaya Distribusi
Rp. 11.050.000,00
Laba
Rp. 5.150.000,00


3. Proyeksi BEP (Break Event Point)
PENJUALAN
1
180 bungkus
Rp.       16.200.000,00

Total penjualan
Rp.       16.200.000,00
Biaya Variabel

1
Biaya Total Variabel
Rp.       10.890.000,00
Biaya Tetap
1
Biaya Transportasi
Rp.       150.000,00
Total Biaya Tetap
Rp.       160.000,00
BEP = FC / 1-(VC/Pendapatan)
Rp.       60.498,00





4. Proyeksi Profit/Benefit of Coast Ratio (BC RATIO)
Penjualan
Total
1
Pendapatan penjualan
Rp.      16.200.000,00

Total pendapatan
Rp.      16.200.000,00
Biaya Produksi
Total

1
Total Biaya Variabel
Rp. 10.890.000,00
2
Biaya Tetap
Rp.       10.000,00
Biaya Transportasi
Rp.       150.000,00
Total Biaya Tetap
Rp.       160.000,00

Total Biaya Produksi
Rp.       11.050.000,00
B/C RATIO = Pendapatan Penjualan/Biaya Produksi
Rp.         1.466,00

           







BAB VI
PEMASARAN
6.1 Sasaran Pemasaran
            Sasaran utama produk kita adalah produk menengah keatas, namun tidak dipungkiri kalangan menengah kebawah juga menjadi sasaran pemasaran produk kami.
            Untuk kalangan usia yang kami targetkan lebih kepada orang-orang yang sudah berkeluarga, orang dewasa dan orang yang membutuhkan dibidangnya.
6.2 Keunggulan Produk
       a.            Mempunyai baterai cas ulang kapasitas besar lead-acid 4V 1800mAh
      b.            Menggunakan baterai awet, dapat dicas ulang sampai 200 kali
       c.            Dilengkapi 28 SMD LED cahaya putih yang tahan lama, sangat trang dan tahan lama
      d.            Dilengkapi 4 SMD LED cahaya kuning(lampu tidur) dioperasikan dengan remote control
       e.            Fitur menyala otomatis(Auto On)
6.3 Harga Jual Produk
            Harga awal yang kami tawarkan sebesar Rp. 165.000, namun apabila ada yang menawar produk kami maka kami batasi maksimal Rp. 150.000.
6.4 Promosi Produk
1.      Menyebarkan brosur kepada masyarakat
2.      Mengikuti event-event yang tersebar dikota-kota
3.      Mempromosikan antar rumah
4.      Menggunakan sistem online
6.5 Sistem Pemasaran
            Usaha ini masih terbilang baru karena baru kami yang coba untuk  mengembangkan  produk ini di daerah tempat tinggal kami, dan produk ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Produk ini juga mempunyai ketahanan kualitas  yang baik dan tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Produk yang kami jual ini sesuai dngan kebutuhan masyarakat. Selain kualitasnya yang baik penjual juga menaruh alamat dan nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan produk kami bisa langsung menghubungi. Kami juga memberikan bonus jika pembelian diatas Rp 2.500.000.
            Untuk memudahkan pemesanan produk ini kami juga melayani jasa online dengan cara mencantumkan nama lengkap, alamat rumah sesuai KTP dan bukti transaksi dari bank, maka kamipun siap untuk mengantar ke alamat tujuan.
            Adapun cara pemasarannya, yaitu:
1.      Di pasarkan secara langsung dari rumah ke rumah
2.      Di pasarkan lewat event di lingkungan sekitar kami
3.      Di pasarkan secara online
4.      Menerima delevery order dengan minimum pembelian.



BAB VII
MODEL BISNIS YANG KAMI KEMBANGKAN
            Model bisnis yang kami jalankan menggunakan model jual langsung atau direct selling adalah pemasaran dan penjualan produk langsung kekonsemen diluar lokasi tetap penjualan eceran. Penjualan langsung berbeda dengan pemasaaan langsung karena ini adalah tentang bagaimana agen penjualan secara individu mencapai dan berhubungan langsung dengan klien. Penjualan langsung adalah tentang bagaimana organisasi bisnis mencapai hubungan dengan pelanggan mereka tanpa melalui agen/konsultan atau otlet ritel.
            Dalam penjualan langsung untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen dapat menggunakan media, diantaranya:
1.      Promosi penjual (sales promotion)
Promosi penjualan merupakan fungsi dari marketing komunikasi yang memperbesar aksi dengan menawarkan merek. Promosi penjualan didesain untuk jangka pendek dan dikatakan berhasil apabila diwaktu singkat berhasil untuk meningkatkan dan mempercepat jumlah penjualan produk.
2.      Penjualan pribadi (Personal selling)
Merupakan bentuk penjualan langsung yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar akan menawarkan produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Di dalam penjualan pribadi, terdapat jalinan komunikasi inpersonal (dua arah) antara pembeli dan penjual.

            Kelebihan dari penjualan langsung ini adalah mampu meningkatkan jumlah penjualan dengan segera sedangkan kelemahannya adalah hanya dapat dilakukan pada konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut dan bukan untuk menarik pengguna baru. Sistem penjualan langsung seperti ini tidak dapat mewujudkan kesetiaan (loyalitas) konsumen terhadap suatu merek produk.



No comments:

Post a Comment